KEGIATAN PROMOSI KESEHATAN DI BALAI KESEHATAN PARU MASYARAKAT KOTA PEKALONGAN
I.
Definisi
Balai Kesehatan
Paru Masyarakat (BKPM) merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan
pemerintah yang memberikan pelayanan kesehatan khusus paru-paru. Di Provinsi
Jawa Tengah hanya terdapat 11 BKPM, yang berarti tidak setiap kota / kabupaten
memiliki BKPM. Balai Kesehatan Paru Masyarakat Kota Pekalongan adalah salah
satu dari 11 BKPM yang ada di Provinsi Jawa Tengah dan salah satu diantara 2
BKPM di wilayah eks Karesidenan Pekalongan.
Sesuai
dengan namanya, BKPM Kota Pekalongan memberikan pelayanan kesehatan khusus paru
bagi masyarakat. Kegiatan pelayanan tersebut berupa kegiatan preventif,
promotif dan kuratif yang semuanya dilaksanakan didalam gedung. Macam kegiatan
pelayanan kesehatan di BKPM Kota Pekalongan meliputi penegakan diagnosis, pelayanan
pemeriksaan penunjang (pemeriksaan radiologi, pemeriksaan laboratorium,
pemeriksaan elektrokardiografi serta spirometri), pelayanan gawat paru, penyuluhan
dan konseling (klinik VCT TB-HIV/AIDS dan klinik berhenti merokok), serta
pemberian obat / terapi.
Sebagian
besar pengunjung BKPM Kota Pekalongan adalah masyarakat yang mempunyai masalah
dengan kesehatan paru, seperti tuberculosis (TBC), asma, bronkhitis,
bronkopneumonia, ISPA, PPOK dan lain sebagainya. Sebagian besar penyakit paru
dipicu oleh lingkungan dan perilaku yang tidak sehat. Untuk itu, upaya yang
dilakukan BKPM tidak hanya mengobati pasien saja (kuratif) tetapi juga upaya
promosi dan pendidikan kesehatan supaya masyarakat berdaya (tahu, mau dan
mampu) mengatasi dan meningkatkan kesehatannya.
Promosi
kesehatan bukanlah hanya proses penyadaran masyarakat atau pemberian dan
peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan semata, akan tetapi di
dalamnya terdapat usaha untuk dapat memfasilitasi dalam rangka perubahan
perilaku masyarakat.
Promosi
Kesehatan di BKPM
merupakan upaya untuk
meningkatkan kemampuan pasien, klien dan kelompok masyarakat sehingga pasien
dapat mandiri dalam mempercepat kesembuhan dan rehabilitasinya, mandiri dalam
meningkatkan kesehatan, mencegah masalah kesehatan, dan mengembangkan upaya
kesehatan melalui pembelajaran sesuai sosial budaya masing-masing.
II.
Prinsip Promosi Kesehatan di BKPM
Dalam
mengembangkan promosi kesehatan di BKPM,
ada beberapa prinsip dasar yang diperhatikan yaitu :
- Promosi kesehatan dikhususkan bagi individu-individu yang sedang memerlukan pengobatan atau perawatan.
- Promosi
kesehatan pada prinsipnya adalah pengembangan pengertian atau pemahaman pasien
dan keluarganya terhadap masalah kesehatan atau penyakit yang dideritanya
- Promosi
kesehatan juga
mempunyai prinsip pemberdayaan pasien dan keluarganya dalam kesehatan
- Promosi kesehatan pada prinsipnya adalah penerapan proses belajar kesehatan.
- Mengembangkan
perilaku kesehatan
- Mempercepat
pemulihan dan penyembuhan pasien
- Mencegah
terserangnya penyakit yang sama atau mencegah kekambuhan penyakit dimasa yang
akan datang
- Mencegah
terjadinya penularan penyakit kepada orang lain, terutama keluarganya
- Menyebarluaskan
pengalamannya tentang proses penyembuhan penyakit kepada orang lain, sehingga
orang lain dapat belajar dari pasien tersebut agar dapat mencegahnya terkena
penyakit tersubut
- Mengembangkan perilaku pemanfaatan fasilitas kesehatan
Adapun manfaat
promosi kesehatan bagi pasien adalah sebagai berikut :
- Memperoleh pelayanan kesehatan di institusi kesehatan yang sehat.
- Terhindar
dari penularan penyakit.
- Mempercepat
proses penyembuhan penyakit dan
- Peningkatan kesehatan pasien.
Pasien dan keluarga dianjurkan
untuk berpartisipasi dalam proses perawatan dengan berani bicara dan mengajukan
pertanyaan kepada pemberi pelayanan (dokter/perawat/petugas gizi dll) sehingga terjadi interkasi
antara pemberi pelayanan dengan pasien dan keluarga.
Pemberian informasi/edukasi
lisan juga ditunjang dengan materi
tertulis yang berkaitan dengan kebutuhan pasien berupa penyediaan leaflet / brosur.
IV.
Sasaran
Promosi Kesahatan Di BKPM
Sasaran
promosi kesehatan di BKPM
adalah masyarakat yang dikelompokkan menjadi kelompok orang yang sakit
(pasien), kelompok orang yang sehat (keluarga pasien dan pengunjung), serta petugas BKPM.
Oleh
sebab itu, promosi kesehatan di BKPM mempunyai bermacam-macam tujuan sesuai
dengan sasaran yaitu tujuan bagi pasien, keluarga pasien, dan tujuan bagi instansi.
- Bagi
pasien, mengembangkan
perilaku kesehatan
(healthy behavior), mengembangkan perilaku pemanfaatan fasilitas kesehatan
(healthy seeking behavior).
- Bagi
keluarga, membantu
mempercepat proses penyembuhan pasien, keluarga
tidak terserang atau tertular penyakit, membantu agar tidak menularkan penyakit
ke orang lain.
- Bagi BKPM, meningkatkan mutu pelayanan, meningkatkan citra, meningkatkan jumlah kunjungan pasien.
Tempat-tempat
atau bagian-bagian pelayanan yang potensial dilakukan promosi kesehatan yaitu:
di ruang tunggu, ruang periksa dan ruang konseling.
VI.
Materi Promosi
Kesehatan
Materi promosi
kesehatan di BKPM adalah
mencakup pesan-pesan atau informasi-informasi kesehatan yang disampaikan kepada
pasien atau keluarga pasien. Materi promosi kesehatan dikelompokan menjadi 3
yaitu:
(1)
Pesan kesehatan yang
terkait dengan pemeliharaan dan pengingkatan kesehatan.
Meliputi
:
Makan
dengan menu/susunan makanan dengan gizi yang seimbang
Aktifitas
fisik secara rutin, termasuk olahraga
Tidak
merokok & minum minuman keras
Mengendalikan
stress
Istirahat
yang cukup
(2)
Pesan-pesan kesehatan
yang terkait dengan pencegahan serangan penyakit.
Meliputi
:
Gejala
atau tanda-tanda penyakit
Penyebab
penyakit
Cara
penularan penyakit
Cara
pencegahan penyakit
(3) Pesan-pesan
kesehatan yang terkait dengan proses penyembuhan dan pemulihan.
Meliputi
:
Diet
terhadap pantangan dari suatu penyakit
Pengetahuan
tentang pola hidup sehat
Penggunaan obat yang efektif, tata cara minum obat dll
VII.
Bentuk / Metode Promosi
Kesehatan
Bentuk atau pola promosi
kesehatan diklasifikasikan yaitu, pemberian contoh, penggunaan media, promosi
atau penyuluhan langsung (individual,
kelompok, massa) dan penyuluhan secara langsung atau penyuluhan secara tidak langsung.
Komentar
Posting Komentar