MARI HIDUP SEHAT MULAI DARI KITA dan MULAI SEKARANG


Sudahkah kita menjalani pola hidup sehat?
Apakah hanya dengan berolahraga rutin saja sudah bisa dikatakan kita hidup sehat?
Apa saja yang disebut pola hidup sehat? Sulit tidak ya?

Berolah raga secara rutin, merupakah salah satu pola hidup sehat. Namun tidak cukup hanya dengan olah raga saja, tetapi meninggalkan hal yang lain.

Pola hidup sehat adalah upaya seseorang untuk menjaga tubuhnya agar tetap sehat.
Kebanyakan dari kita menganggap bahwa pola hidup sehat adalah pola hidup yang sulit untuk dijalani. Namun sebenarnya, ada banyak cara yang mudah dilakukan untuk menjaga diri kita tetap sehat.

Beberapa hal dibawah ini perlu dibiasakan mulai dari kita dan mulai dari sekarang untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat, antara lain:
1.       Mengkonsumsi beranekaragam makanan.
Mulai sekarang konsumsilah makanan dari beragam sumber, tidak hanya itu –itu saja, dengan jumlah cukup untuk mencapai gizi seimbang.
Image result for gambar makanan bergiziHal ini penting dilakukan karena tidak ada satu jenis makananpun yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
Setiap kali makan, cobalah untuk memperhatikan apakah yang kita makan sudah dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Perhatikan porsi juga, karbohidratnya, protein, lemak, vitamin dan mineralnya.
Mengapa harus sedetil itu?
Karena makanan adalah salah satu faktor utama dalam hidup sehat. Makanan penuh gizi akan sangat membantu untuk menjadikan tubuh kita lebih sehat. Hindari makanan berlemak dan makanan yang mengandung pengawet karena hal tersebut dapat berbahaya bagi tubuh. Perbanyaklah sayur dan buah, minimal 1 porsi setiap hari.
2.       Berolah raga secara rutin setiap hari, tak perlu harus pergi ke gym. Bisa dengan jalan kaki di sekitar tempat tinggal atau pusat perbelanjaan.
Image result for rutin berolah ragaRutin berolahraga bukan hanya bagian pola hidup sehat dari orang muda saja. Olahraga adalah kegiatan yang penting dilakukan. Berapapun usiamu, usahakan untuk tetap aktif secara fisik.  
Bagi yang belum terbiasa berolahraga, kamu dapat memulainya dengan olahraga kecil seperti melakukan pemanasan di pagi hari setelah bangun tidur atau berlari-lari kecil mengelilingi rumah. Kamu juga bisa menggunakan hobimu sebagai olahraga mingguan yang asyik. Contohnya aerobik, futsal, basket, bersepeda, berenang, tenis meja, dan masih banyak lagi.
3.       Istirahat Yang Cukup
Istirahat yang cukup adalah bagian yang penting dalam menjalani pola hidup sehat. Kebutuhan istirahat dan tidur setiap individu berbeda-beda sesuai tahap perkembangan aktivitas yang dijalani. National Sleep Foundation merekomendasikan bahwa usia dewasa muda (18-25 tahun) membutuhkan waktu tidur 7-9 jam per malam. Orang yang tidak memiliki waktu tidur cukup berpotensi terkena penyakit mematikan, seperti kanker dan jantung.
Memiliki waktu tidur yang kurang juga setara dengan mengonsumsi racun atau menjalani pola makan yang buruk. Oleh karena itu, sesibuk apapun kamu, usahakan untuk selalu beristirahat dan tidur dengan cukup. Namun jangan salah, tidur berlebihan juga tidak baik dan tentunya merugikan. Menurut studi, tidur lebih dari delapan jam secara konsisten dapat menurunkan tingkat konsentrasi seseorang.
4.       Menggosok gigi secara teratur dan memperbanyak minum air putih
Banyak orang mengabaikan kesehatan mulut. Biasanya hal ini baru diperhatikan apabila mereka mengalami sakit gigi atau bau tidak sedap di mulut. Padahal kesehatan mulut sangat berkaitan erat dengan kebugaran tubuh kita.
Mengapa? Karena mulut adalah tempat dimana bakteri mudah berkembang biak karena kondisinya yang lembab. Jadi apabila bakteri pada mulut dibiarkan, dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu mulai biasakanlah gosok gigi secara teratur terutama setelah makan dan sebelum tidur, dan rajinlah berkumur.
Yang kedua, biasakanlah meminum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Banyak minum air putih akan membantu menjaga fungsi metabolisme tubuh. Fungsi metabolisme yang baik akan sangat membantu untuk memaksimalkan kerja setiap organ tubuh untuk menyingkirkan berbagai racun di dalam tubuh. Kalau metabolisme tubuh terjaga, maka penyakit tidak akan mudah menyerang.
Dua hal diatas adalah kegiatan yang mudah dilakukan setiap hari dan tidak memerlukan waktu banyak.
5.       Sarapan Pagi
Sarapan ternyata sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Dengan sarapan, kita akan  memiliki energi yang cukup untuk menjalani rutinitas harian dan juga menghindarkan kita dari kelebihan makanan pada saat makan siang. Segala sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik bagi tubuh.
6.       Rajin cuci tangan.
Seringlah cuci tangan dengan sabun dan air, sekitar 20 detik setelah menggunakan kamar mandi, berada di area publik, atau melakukan hal-hal yang kurang bersih.
7.       Hilangkan kebiasaan buruk yang jelas-jelas merusak tubuh kita seperti merokok, suka begadang, dan minum alkohol, segeralah mengubahnya menjadi kebiasaan yang lebih sehat. Hal itu akan membuat tubuh lebih segar dan awet muda.

Komentar

Postingan Populer