Jangan Malu atau Minder untuk Periksa TBC

Penyakit TBC  adalah penyakit yang cukup berbahaya, bisa menyerang siapa saja, miskin atau kaya, laki laki atau perempuan, anak anak ataupun dewasa,  karena penularannya lewat udara. Sekali batuk saja, seorang penderita TBC aktif bisa mengeluarkan ribuan droplet (percikan ludah) yang mengandung kuman TBC.
Masih banyaknya penderita TBC yang belum terdeteksi, berpotensi menularkan TBC ke orang lain. Oleh karena itu kita tidak bisa bersikap acuh atau tidak peduli. Masyarakat harus ikut aktif membantu dengan cara  mendorong siapapun ( teman, tetangga, keluarga) untuk memeriksakan dirinya ke puskesmas/ BKPM kalau merasakan gejala TBC, karena tingkat kesembuhannya akan lebih tinggi dan menurunkan angka penularan ke orang lain.
Kebanyakan masyarakat masih malu untuk  memeriksakan diri kalau mereka mengalami gejala TBC seperti batuk berdahak atau keluar keringat malam dalam tiga pekan. Padahal, satu orang penderita bisa menularkan penyakit ke sepuluh orang di sekitarnya dengan cepat.
Rasa malu karena memiliki penyakit TBC ini terjadi karena orang dengan penyakit TBC kerap dijauhi oleh masyarakat lainnya. Hal inilah yang harus segera diubah. Memang TBC bisa menular, tapi jangan takut. Karena kalau sudah diobati, TB tidak akan menularkan lagi. (Baca : cara bergaul dengan penderita TBC).
Tapi sayangnya, banyak yang tidak percaya diri atau minder jika terkena TB, bukannya memeriksakan tapi malah mencoba menutupi. Karena memang kesan dari penyakit ini adalah penyakit kalangan bawah, dan memalukan. Padahal disaat kita berkomunikasi,  dengan kalangan manapun, penyakit itupun bisa segera menular. Apakah kita akan selalu menutup hidung ketika berbicara dengan orang lain?

Masyarakat Masih Malu Periksa TBC

Masih banyak pasien TBC yang malu berobat, sebenarnya tidak lain karena kesalahan kita sendiri. Setiap ada yang terdeteksi menderita TBC, orang tersebut akan dikucilkan dan dijauhi. Tidak ada yang mau mendekati atau mengajak bicara. Inilah yang menyebabkan orang cenderung menutupi dan menyembunyikan penyakitnya dan tidak mau periksa. Padahal hal ini justru sangat berbahaya. Satu orang penderita TBC yang belum diobati, bisa menularkan penyakitnya ke 10 s.d 15 orang disekitarnya.
Ini adalah tugas kita bersama untuk merubah paradigma yang ada di masyarakat tentang TBC. Ayo bersama kita berantas TBC.
Kena TBC??, Jangan Malu
Ayo kita atasi bersama

Komentar

Postingan Populer