CEGAH TBC DENGAN SERING CUCI TANGAN


Mencuci tangan sepertinya hal yang sepele. Tetapi tahukah kamu bahwa mencuci tangan ternyata sangat efektif untuk mencegah berbagai penyakit? TBC atau tuberkulosis yang masih menjadi momok di masyarakat kita karena pengobatannya yang susah dan lama, ternyata bisa dicegah dengan membiasakan cuci tangan.

Mengapa cuci tangan sangat penting untuk mencegah TBC?

Banyak alasan mengapa kita perlu sering mencuci tangan. Orang sekitar kita, baik itu keluarga, tetangga atau rekan kerja sedang menderita flu, lalu menutup hidungnya dengan tangan saat bersin, kemudian memegang handle pintu, saat kita memegang handle pintu yang sama, bakteri flu dapat segera berpindah ke tangan kita dan apabila kita memegang hidung atau mulut, kuman tersebut dapat masuk ke dalam tubuh. Itulah gambaran betapa mudahnya kuman penyakit berpindah dari satu orang ke orang lain. Bayangkan jika itu adalah kuman tuberkulosis (TBC). Ribuan kuman TBC dapat keluar saat penderita TBC batuk atau bersin. Kuman itu dapat melayang – layang di ruangan dan dapat menempel dimana saja. Tanpa pencahayaan kuman TBC bahkan dapat bertahan hidup lebih lama. Dengan sering mencuci tangan, penularan penyakit TBC melalui benda – benda yang telah tercemar kuman TBC tentu dapat kita cegah.

Apa saja manfaat mencuci tangan ?

Beberapa manfaat mencuci tangan adalah sebagai berikut.

1.    Mencegah perpindahan virus

Penelitian membuktikan virus berpindah dengan cepat dari tangan ke tangan. Hal ini telah dibuktikan oleh Dr Ignaz Semmelweis dari rumah sakit Vienna di abad 19, mewajibkan para suster untuk mencuci tangan sebelum menangani pasien. Kebiasaan ini terbukti mengurangi angka kematian yang sangat tinggi saat itu.

2.    Mengurangi resiko masalah pencernaan

Dengan mencuci tangan memakai sabun akan membantu mengurangi resiko penyakit diare dan pencernaan pada anak-anak. Karena dengan mencuci tangan dapat mencegah penyebaran bakteri, cacing atau zat berbahaya lainnya dari sentuhan.

3.    Mencegah infeksi pada mata

Mencuci tangan secara reguler dapat mencegah penyebaran bakteri yang menyebabkan infeksi pada mata, seperti trachoma. Mencuci tangan juga menghindari iritasi dan mata merah. Segala macam masalah kesehatan mata itu tidak hanya menyebabkan rasa sakit, perih, sensitif terhadap cahaya, tapi juga masaah penglihatan. Hal yang paling diperhatikan adalah penyebaran virus saat terjadi kontak di mata kita.

4.    Mengurangi risiko infeksi pernapasan

Masalah pernapasan akut dapat kita turunkan perkembangannya dengan memperkenalkan cara mencuci tangan yang baik pada anak-anak. Sejumlah zat patogen diasosiasikan dengan diare dan masalah kesehatan pernapasan dan ditemukan pada tangan-tangan yang belum dicuci.

Kapan Saat Kita Mencuci Tangan?

Mencuci tangan sebaiknya dilakukan saat :

1.      Sebelum makan
2.      Sebelum menyiapkan makanan
3.      Setelah memegang daging mentah
4.      Sebelum dan setelah menyentuh orang sakit
5.      Sesudah menggunakan kamar mandi
6.      Setelah batuk atau bersin
7.      Setelah mengganti popok atau pembalut
8.      Sebelum dan setelah mengobati luka
9.      Setelah membersihkan atau membuang sampah
10.  Setelah menyentuh hewan atau kotoran hewan
11.  Dan lain sebagainya (semakin rutin mencuci tangan, akan semakin baik)

Bagaimana Cara Mencuci Tangan yang Benar?

Mencuci tangan yang benar harus menggunakan sabun dan di bawah air yang mengalir. Sedangkan langkah-langkah teknik mencuci tangan yang benar adalah sebagai berikut :

1.    Basahi tangan dengan air di bawah kran atau air mengalir.
2.    Ambil sabun cair secukupnya untuk seluruh tangan. Akan lebih baik bila sabun mengandung antiseptik.
3.     Gosokkan kedua telapak tangan.
4.     Gosokkan sampai ke ujung jari.
5.    Telapak tangan kanan menggosok punggung tangan kiri (atau sebaliknya) dengan jari-jari saling mengunci (berselang-seling) antara tangan kanan dan kiri. Gosok sela-sela jari tersebut. Lakukan sebaliknya.
6.      Letakkan punggung jari satu dengan punggung jari lainnya dan saling mengunci.
7.     Usapkan ibu jari tangan kanan dengan telapak kiri dengan gerakan berputar. Lakukan hal yang sama dengan ibu jari tangan kiri.
8.    Gosok telapak tangan dengan punggung jari tangan satunya dengan gerakan kedepan, kebelakang dan berputar. Lakukan sebaliknya.
9.      Pegang pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri dan lakukan gerakan memutar. Lakukan pula untuk tangan kiri.
10.  Bersihkan sabun dari kedua tangan dengan air mengalir.
11.  Keringkan tangan dengan menggunakan tissue dan bila menggunkan kran, tutup kran dengan tissue.

Mengeringkan dengan tissue lebih baik dibandingkan mengeringkan tangan menggunakan mesin pengering tangan yang umum ada di mal. Karena mesin pengering tangan yang dipakai secara umum menampung banyak bakteri yang dapat menularkan ke orang lain.

Cara diatas memang membutuhkan waktu agak lama, sekitar 45 detik, namun terbukti sangat efektif untuk mencegah penularan berbagai penyakit.

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar cuci tangan bisa mencegah penyakit:

·       Cuci tangan sesering mungkin, terutama ketika batuk, bersin, dan usahakan untuk menggunakan tisu saat mengeringkannya. Lakukan itu setiap saat baik sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, atau mengolah makanan.
·       Jika kamu pilek atau batuk, lebih baik gunakan tisu daripada menggunakan bagian baju atau tangan, terutama ketika membersihkan cairan hidung.
·       Jangan menggunakan pakaian untuk mengeringkan tangan anak. Bisa jadi pakaian yang kita pakai sudah tercemar kuman penyakit.
·       Jangan gunakan handuk tangan yang biasa dipakai ramai-ramai.
·      Jangan menggunakan baskom atau wadah untuk mencuci tangan anggota keluarga karena penularan justru akan cepat terjadi.
·       Jangan gunakan spons untuk membersihkan tangan.
·       Ajarkan anak untuk mencuci tangan dengan baik sejak dini. Mencuci tangan harus dengan air mengalir atau bersih, menggunakan sabun, dan mengeringkan tangan dengan handuk bersih atau tissu. Sehingga anak bisa melakukan dengan baik jika kebetulan berada di sekolah, mal, atau area publik lainnya.
·      Pastikan selalu membawa antiseptik untuk tangan. Benda ini sangat bermanfaat saat kita kesulitan menemukan air atau sabun. Hand antiseptic bisa menjadi solusi praktis. Lulurkan cairan hand antiseptic di seluruh bagian tangan.

Mengingat pentingnya cuci tangan, ayo biasakan diri dan keluarga kita untuk mencuci tangan sekarang juga.

Komentar

Postingan Populer